Visitor

header ads

Indonesia Peringkat 63 - Olimpiade London




Olimpiade London - Telah Berakhirnya Olimpiade Terbesar ini yang digelar di London, Inggris pada tanggal 27 Juli hingga 12 Agustus 2012. Olimpiade yang diikuti 204 peserta ini, Indonesia menempati peringkat ke 63 dari 85 negara yang berhasil meraih medali. 


Amerika Serikat menempati posisi puncak dengan 46 emas, 29 perak dan 29 perunggu merebut kembali posisi puncak seteleh berhasil di rebut China olimpiade berlangsung di Beijing 2008. China akhirnya berada di peringkat kedua dengan 38 emas, 27 perak dan 22 perunggu. Tuan rumah Inggris Raya menempati posisi ketiga dengan 29 emas, 17 perak dan 19 perunggu. 

Sedangkan Rusia saat Olimpiade Beijing 2008 berada di peringkat ketiga kali ini di London harus turun ke peringkat keempat dengan perolehan 24 emas, 25 perak dan 33 perunggu. Diikuti Korea Selatan dengan 13 emas, 8 perak dan 7 perunggu. 

Indonesia pertama kali mengikuti ajang Olimpiade tahun 1952 di Helsinki, Finlandia. Olimpiade London merupakan kesertaan yang keempatbelas kali dalam ajang olimpiade. Indonesia baru berhasil meraih medali pada tahun 1988 di Seoul, Korea Selatan melalui nomor panahan. Trio Srikandi Indonesia, Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardani dan Lilies Handayani meraih medali perak. 

Empat tahun kemudian di ajang Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia berhasil meraih medali emas dari cabang bulutangkis dipersembahkan Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma. Sejak itu bulutangkis berhasil menyumbangkan emas di ajang olimpiade. Pasangan ganda putra. 

Rexy Mainaky/Ricky Subagja meraih emas di Atlanta tahun 1996, pasangan Candra Wijaya/Tony Gunawan membawa pulang medali emas dari Sydney tahun 2000. Taufik Hidayat kembali menjaga tradisi emas di ajang Olimpiade Athena 2004 dan di Beijing tahun 2008 pasangan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan masih mampu menjaga tradisi emas Indonesia. 

Namun tahun ini di London, cabang bulutangkis Indonesia harus menerima mimpi buruk tak berhasil menjaga tradisi emas. Cabang bulutangkis yang diharapkan menjaga tradisi emas bahkan tak berhasil membawa pulang pun satu medali pun. 

Wajah Indonesia sedikit terselamatkan dengan prestasi yang dibukukan cabang anggkat besi yang mampu mempersembahkan dua medali. Satu medali perak dipersembahkan Triyatno yang turun di kelas 69 kilogram dengan total angkatan 333 kilogram. 

Dan medali perunggu dipersembahkan Eko Yuli Irawan yang turun di kelas 62 kilogram berhasil mengangkat beban seberat 317 kilogram. Prestasi Triyatno dan Eko Yuli yang hanya mempersiapkan diri beberapa bulan mengulang sukses mereka saat meraih medali perunggu pada Olimpiade Beijing 2008. (*)

Sejak awal keikutsertaan di ajang Olimpiade, Indonesia sudah mengumpulkan sebanyak 25 medali, dengan rincian: 6 medali emas, 9 medali perak dan 10 medali perunggu. 

Adapun perolehan medali Indonesia pada ajang olimpiade adalah sebagai berikut: 

1. Olimpiade Seoul 1988 : 
- Medali Perak : cabang panahan beregu putri diraih Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani.
2. Olimpiade Barcelona 1992 : 
- Medali Emas : cabang bulutangkis diraih Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra). 
- Medali Perak : cabang bulutangkis diraih Ardi B. Wiranata (tunggal putra) dan Eddy Hartono/Rudy Gunawan (ganda putra). 
- Medali perunggu : cabang bulutangkis diraih Hermawan Susanto (tunggal putra). 

3. Olimpiade Atlanta 1996 : 
- Medali Emas : cabang bulutangkis diraih Rexy Mainaky/Ricky Subagja (ganda putra), 
- Medali Perak : cabang bulutangkis Mia Audina (tunggal puteri). 
- Medali Perunggu : cabang bulutangkis diraih Susi Susanti (tunggal putri) dan Denny Kantono/Antonius B. Ariantho (ganda putra). 

4. Olimpiade Sydney 2000 : 
- Medali Emas : cabang bulutangkis diraih Tony Gunawan/Caandra Wijaya (ganda putra). 
- Medali Perak : cabang bulutangkis diraih Hendrawan (tunggal putra), Tri Kusharjanto/Minarti Timur (ganda campuran), cabang angkat berat putri Raema Lisa Rumbewas (kelas 48 kg). 
- Medali Perunggu: cabang angkat berat putri diraih Sri Indriyani (kelas 48 kg) dan Winarni (kelas 53 kg). 

5. Olimpiade Athena 2004 : 
- Medali Emas: cabang bulutangkis diraih Taufik Hidayat (tunggal putra). 
- Medali Perunggu: cabang bulutangkis diraih Sony Dwi Kuncoro (tunggal putra) dan Flandy Limpele/Eng Hian (ganda putra). 

6. Olimpiade Beijing 2008 : 
- Medali Emas : cabang bulutangkis diraih Markis Kido/Hendra Setiawan (ganda putra). 
- Medali Perak : cabang bulutangkis diraih Nova Widianto/Lilyana Natsir (ganda campuran). 
- Medali Perunggu : cabang bulutangkis diraih Maria Kristin Yulianti (tunggal putri), dan cabang angkat besi diraih Eko Yuli Irawan (angkat besi 288 kg) dan Triyatno (angkat besi 298 kg). 

6. Olimpiade London 2012 : 
- Medali Perak : cabang angkat besi diraih Triyatni (angkat besi 333 kg) 
- Medali Perunggu : cabang angkat besi diraih Eko Yuli Irawan (angkat besi 317 kg)